Rabu, 08 Juli 2015

Batu Caves, KL, Malaysia

Yellow guys, finally i can touch my blog again. Haha baiklah berdasarkan saran dan kritik dari para penggemar, eh maksudnya teman, katanya mereka tidak paham dengan postingan sebelumnya karena full pakai English dan request untuk kedepannya pakai bahasa Indonesia atau bahasa Jawa aja (lah?). Baiklah saya turuti saja yang penting mereka bahagia.
Yuk sekarang kita ngomongin jalan-jalannya, pertama yang deket dulu aja ya mari kita ke negara tetangga serumpun kita Malaysia. Tepatnya sekitar 13 km sebelah utara Kuala Lumpur terdapat sebuah bukit kapur, yang memiliki serangkaian gua dan kuil gua, terletak di distrik Gombak, called Batu Caves.
Nama Batu Caves (Tamil: பத்து மலை) sendiri diambil dari nama Batu Sungai yang melewati bukit, dan merupakan nama desa di daerah tersebut. Gua ini adalah salah satu kuil Hindu di luar India yang paling populer, yang didedikasikan untuk Dewa Murugan. Saat ini Batu Caves dijadikan titik fokus Hindu festival Thaipusam di Malaysia. Pada saat saya berkunjung ke sana pun banyak turis dari India yang jauh-jauh ke Batu Caves untuk berdoa.
Sungguh sulit untuk menggambarkan bagaimana megahnya tempat ini, patung Murugan setinggi 42.7 m tertinggi di dunia, dewa Hindu, terletak gagah menyambut. Dibelakangnya berjajar 272 anak tangga yang dibuat di bukit menuju ke kuil untuk persembahyangan.
Sesampainya di atas kita akan disambut oleh kera-kera suci yang banyak berkeliaran di pohon besar di tengah-tengah kuil. Ya harus hati-hati kalau misal kita bawa barang bawaan agar gak disabet sama monyet yang notabene usil itu ya.
Pengalaman berkunjung di tempat ini adalah banyak belajar tentang peribadatan masyarakat Hindu India yang masih sangat alami dengan unsur kembali ke alam. Berbeda dengan kuil-kuil di little India di beberapa negara yang dibangun di pusat kota.
Cara termudah untuk mencapai Batu Caves adalah dengan kereta dari KL Sentral, tapi bukan LRT ya juga bukan komuter, jadi harus cari dulu counter yang jual tiket ke Batu Caves, belinya bukan di vending machine. Biayanya 2 RM untuk satu kali jalan.
Tips bagi kalian yang mau berkunjung ke tempat ini adalah, bawa air putih yang banyak karena kita akan banyak mengeluarkan keringat pada saat menaiki tangga tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar