Minggu, 27 Desember 2015

Suntiang Padang

Hella, hohoho, masih dalam suasana liburan long weekend Natal ya bawaannya pengen jalan-jalan. Eh tapi Jogja lagi macet-macetnya jadi aku lagi males jalan-jalan, maaf ya hehe. Tapi jangan khawatir kali ini aku tetep bakal share pengalaman aku yang gak kalah seru yaitu saat aku jadi model buat salah satu temenku yang berprofesi sebagai makeup artist terutama untuk makeup pernikahan. Ceritanya nih aku didandanin pake adat Padang, awalnya yang aku tahu adalah kalau adat Padang itu pengantin wanitanya memakai hiasan di kepala yang disebut Suntiang, itulah yang membedakan dengan pakaian adat yang lain di Indonesia.

Persiapan makeup sendiri membutuhkan waktu yang lama karena ada beberapa detail yang harus ditonjolkan. Sampai akhirnya mengenakan Suntiang berwarna keemasan khas Padang hasil buatan sendiri, trust me I'm feeling so lucky and beautiful. Beruntung banget aku bisa mengenakan Suntiang yang merupakan salah satu budaya turun temurun dari Padang. Seperti yang kita ketahui bersama aku kan bukan orang Padang jadi kurang begitu paham untuk mengulas Suntiang secara detailnya. Dari info berbagai sumber ada beraneka ragam hiasan kepala, yang aku gunakan saat itu adalah Suntiang Gadang (mohon dikoreksi kalau salah).

Selain Suntiang Gadang ada pula Suntiang Mangkuto dari Sungayang, Suntiang Sariantan dari Padang Panjang, Suntiang Pinang Bararak dari Koto nan Godang Payakumbuh, Suntiang Pisang Saparak dari Solok Salayo, Suntiang Kipeh dari Kurai Limo Jorong, Suntiang Matua Palambaian dan masih banyak lagi. Ada empat jenis hiasan yang disusun membentuk Suntiang, paling bawah disebut deretan Bungo Sarunai yang membentuk dasar Suntiang, di atasnya diletakkan deretan Bunga Gadang, hiasan yang paling atas disebut Kambang Goyang, hiasan yang jatuh di pipi kanan dan kiri disebut Kota-kote. Selain bentuk standar setengah lingkaran ada juga beberapa bentuk khas masing-masing daerah Sumatera Barat.


Nah yang paling bikin adorable tak lain dan tak bukan sang makeup artistnya, mari aku perkenalkan namanya Pamungkas Indra, biasa dipanggil Indra. Thank you so much Indra you make me feel sooo beautiful, cantik banget sampai ada beberapa teman yang gak mengenali saking transformasi the power of makeupnya kereeeen bangetth. Jadi Indra ini biasa makeup pengantin beberapa adat di Indonesia (tergantung request) terutama adat Jawa, dia juga dancer jadi udah biasa nari di nikahan juga. So buat temen-temen yang pengen dimakeupin sama dia bisa langsung kontak aja ke instagramnya di @indra_make_up biasa dilihat detail informasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar