Minggu, 20 Desember 2015

Hutan Pinus Mangunan, Bantul Rasa Forks

Yeay libur telah tiba, Jogja lagi peak season nih, buat pengunjung-pengunjung dari luar kota yang pada mau liburan, atau buat orang Jogja yang merantau dan kini saatnya pulang kampung. Nah mari kita ulas salah satu tempat yang bisa dijadikan destinasi wisata buat yang pada berkunjung ke Jogja. Kalian semua pasti tahu kan film Hollywood, Twilight Saga, di mana diceritakan setting tempatnya di sebuah kota bernama Forks, kota yang selalu dingin dan lembab serta banyak pohon-pohon pinus. Di Bantul juga ada lho tempat kayak gitu, namanya Hutan Pinus Mangunan, terletak di Dlingo Mangunan Bantul. Hutan Pinus Mangunan ditumbuhi Pinus Merkusii merupakan bagian dari kawasan RPH (Resort Pengelolaan Hutan) Mangunan.

Hutan Pinus Mangunan sering juga disebut Hutan Pinus Imogiri karena lokasinya bisa ditembuh dengan mengikuti petunjuk arah ke Makam Imogiri. Terlihat tak hanya pinus saja, ada pohon mahoni, kemiri, kayu putih, dan akasia juga yang dibudidayakan di sana. Selain hutan pinus yang menarik dikunjungi, naik sedikit ke atas ada Puncak Becici di mana kita bisa melihat keindahan kota Jogja dari atas bukit. Pas aku dateng ke Hutan Pinus udah agak sore sama adekku dan kita bertemu sama orang yang lagi foto prewedding. Suara daun-daun dan batang-batang pinus yang bergesekan apabila ada angin menambah kesyahduan sebuah keluarga yang sedang piknik menggelar tikar dan membuka bekal untuk makan bersama.

Walaupun tempat wisata ini tergolong baru namun sudah banyak dirawat, terbukti dengan adanya bangku-bangku dan ayunan yang biasa dijadikan tempat selfi para pengunjung. Tempatnya sangat instagramable jadi wajar kalau banyak anak-anak muda atau para calon pengantin yang prewedding di sini. Namun sayangnya belum ada transportasi umum yang bisa mencapai tempat ini, jadi ya mau gak mau harus pake kendaraan pribadi. Bagi turis dari luar kota bisa menggunakan jasa sewa motor atau sewa mobil tergantung dari kenyamanan lebih suka yang mana. Aku ada rekomendasi untuk penyewaan mobil yang menurutku lebih murah dibandingkan yang lain, bisa pesan di Mba Kiki hubungi 087838144015.


Duduklah sejenak di bangku-bangku yang telah disediakan dan rasakan udara segar disekitar, hilangkan penat yang ada karena suasananya memang sangat tenang. Apabila datang bersama keluarga bawalah bekal dan open tikar, sangat memorable kebersamaannya. Lokasi ini bisa ditempuh kalau dari Kota arahkan kendaraan ke perempatan Giwangan, ke selatan Jl. Imogiri Timur, ikuti petunjuk arah ke Makam Raja Imogiri, ada pertigaan ikuti arah petunjuk arah Kebun Buah Mangunan akan sampai di pertigaan Mangunan, pilih arah lurus atau ke atas dan kalian akan sampai di Hutan Pinus Mangunan.

Salam, selamat berlibur.

2 komentar: